Langsung ke konten utama

Cara Pasang Dan Lepas Memori RAM Komputer

Mungkin ada yang penasaran atau sedang belajar tentang bagaimana cara memasang dan melepas memory RAM dari slot komputer.

Bagi yang sudah pengalaman atau memang bekerja sebagai teknisi komputer pasti bukan sesuatu hal perlu dipelajari apa lagi cuman masalah pasang dan melepas memori tapi bagi yang masih belajar akan takut dan khawatir untuk sekedar memasang dan melepaskan RAM karena faktor tidak tahu dan belum terbiasa.

Lagian orang-orang yang sudah bisa atau pengalaman berawal dari tidak tahu dan dilanjutkan dengan mencari tahu melalui belajar.

Lanjut....


Cara Memasang Memori Komputer
Hal pertama yang perlu diperhatikan ketika mau memasang memori adalah lubang pembatas yang terdapat di bagian pin yang berwarna kuning emas.

Setelah itu tinggal memposisikan dengan lubang pembatas tersebut dengan batas yang terdapat pada slot mesin (motherboard).

Selanjutnya tinggal menekan memory secara bersamaan sampai terdengar bunyi klik sebagai penanda bahwa memori telah terpasang dengan baik dan benar.

Bunyi klik disebabkan oleh pengait yang terdapat pada ujung kiri kanan slot sebagai pengunci memori agar tidak lepas.

Pastikan kalau memori sudah terpasang dengan benar karena kalau masih belum benar atau masih ada bagian yang belum terpasang dengan benar akan mengakibatkan konslet sehingga membuat memory RAM mati.


Cara Melepas/Membuka Memori Komputer
Untuk melepaskan memori dari slot caranya sangat mudah yaitu cukup menekan bagian pinggir slot secara bersamaan sehingga membuat memory akan keluar atau menyembul dengan sendirinya.

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Booting Panas Dan Dingin

Dalam dunia komputer terdapat 2 cara untuk menghidupkan komputer yaitu warm boot dan cold boot. Kedua cara ini akan selalu dialami/dipraktekkan setiap kali berinteraksi dengan komputer. Pengertian Warm boot atau booting panas adalah sebuah cara menghidupkan komputer ketika semua sistem sudah berjalan/running dalam kurung waktu tertentu. Contoh, anda sedang menggunakan komputer untuk membuat presentasi design dan tiba-tiba ditengah pengerjaan komputer hang/tidak bisa bergerak. Setelah itu anda menekan tombol on off atau tombol restart untuk menghidupkan ulang. Cara yang dilakukan saat menghidupkan ulang komputer dalam keadaan semua sudah on atau perangkat sudah bekerja dinamakan booting panas. Cold boot atau booting dingin adalah sebuah cara menghidupkan komputer ketika semua sistem masih dalam keadaan belum hidup sama sekali. Contoh , seharian anda tidak tidak pernah menghidupkan komputer, tiba-tiba anda kangen ingin belajar menggunakan PC akhirnya Anda

Belajar Bios

Bios bisa diartikan sebagai tempat untuk melakukan setingan perangkat keras atau hardware sehingga bisa terhubung dengan sistem operasi seperti Windows, Linux dll. Contoh kasus Anda baru saja membeli sebuah Laptop baru yang belum terpasang Windows (XP, Vista, 7,8 dan 10) setelah itu ada berencana untuk melakukan pemasangan Windows supaya laptop bisa bekerja sesuai dengan yang anda harapkan. Solusi Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mempersiapkan tools atau perlengkapan untuk memulai melakukan pemasangan/install. Seperti CD Windows/bootable USB. Selanjutnya melakukan setelan pada BIOS yaitu mengubah prioritas boot supaya CD Windows/bootable USB langsung terbaca ketika Laptop baru menyala. Setelah itu anda tinggal mengikuti instruksi pemasangan sesuai dengan arahan windows. Belajar dari kasus di atas anda bisa mengambil kesimpulan sendiri tentang cara kerja BIOS karena umumnya orang-orang hanya menggunakan BIOS untuk melakukan setelan boot ketika me